Hosting Unlimited Indonesia

TPI Hadirkan “Indonesia Menghafal”

Musibah yang datang secara bergantian di berbagai wilayah nusantara dan situasi politik yang tidak menentu membuat masyarakat merasa khawatir, resah dan tidak nyaman. Tak heran jika sekarang tidak sedikit masyarakat yang merasakan pentingnya meningkatkan iman dan taqwa serta lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Kebutuhan akan pemahaman dan kemampuan untuk mengkaji kitab suci Al Quran pun meningkat. Hal ini sejalan dengan sebuah cita-cita mulia yang ingin diwujudkan oleh Ustadz Yusuf Mansyur, yakni melahirkan generasi yang hafal akan ayat-ayat suci Al Quran. TPI sebagai stasiun televisi yang memiliki komitmen terhadap program religi pun menyambut niat baik tersebut dengan terbuka.Mulai Minggu, 11 April 2010 pukul 13.00–14.30 WIB, sebuah acara religi terbaru bertajuk ‘Indonesia Menghafal’ yang dibimbing oleh Ust. Yusuf Mansyur ini hadir di layar TPI. Dalam acara ini, Ustadz Yusuf Mansyur mengajak pemirsa di seluruh nusantara untuk belajar menghafal Al Quran dengan pendekatan yang unik sehingga mudah untuk diikuti oleh segala lapisan masyarakat.
Erwin Andersen selaku Direktur Program dan Produksi TPI mengatakan “TPI selama ini dikenal masyarakat dengan program-program yang bernuansa Islami. Hal ini mendorong TPI untuk selalu memperkaya wawasan pemirsa mengenai keagamaan melalui berbagai program religi. Terutama dengan hadirnya program terbaru, ‘Indonesia Menghafal’, TPI berharap dapat mengedukasi dan membantu masyarakat untuk menghafal Al Quran.

Kami mohon doa restu agar program ini dapat berjalan sesuai rencana”.
Program ‘Indonesia Menghafal’, merupakan salah satu media bagi umat Islam dalam menghafal ayat-ayat suci Al Quran melalui bimbingan atau pola hafalan yang diberikan oleh Ustadz Yusuf Mansyur. Ustadz yang sudah dikenal oleh masyarakat dan merupakan pendiri pesantren tahfiz Al Quran yang sudah banyak menghasilkan anak-anak dan generasi muda menjadi seorang Hafiz (penghafal Al Quran).

Dengan pendekatan yang unik, acara yang dipandu oleh Hafiz ini, dikemas sedemikian rupa sehingga mudah dicerna dan diingat oleh pemirsa. Berbagai tips dan trik untuk membaca dan menghafal Al Quran dengan benar juga diajarkan di sini. Acara ini juga didukung oleh para Dai atau Daiah TPI serta para santri penghafal Al Quran. Metode yang digunakan adalah menghafalkan ayat-ayat secara kontinyu setiap 3-4 episode, namun disesuaikan dengan tingkat kesulitan ayat atau surat yang dihafal.


Pemirsa juga disuguhkan dengan tayangan VT berisi materi kunjungan Ustadz Yusuf Mansyur ke berbagai kelompok masyarakat ataupun komunitas untuk dibimbing menghafal ayat-ayat utama. Dalam VT ini berisi perjalanan Ustadz Yusuf Mansyur mendatangi rumah penduduk, perkantoran, mal, atau tempat-tempat umum lainnya untuk menguji seseorang membaca hafalan Al Quran.
Di setiap episode melibatkan jamaah (artis, pemuka masyarakat, pemuka agama, dll) untuk berbicara mengenai Al Quran.

Akan hadir pula bintang tamu dengan membawakan lagu-lagu Islami untuk melengkapi acara berdurasi 1,5 jam ini. TPI juga memberi kemudahan bagi pemirsa, dengan menampilkan template ayat-ayat Al Quran dan informasi surat yang dihafalkan di layar televisi, sehingga memudahkan pemirsa untuk mengikutinya.
Episode perdana ‘Indonesia Menghafal’ yang digelar Minggu, 11 April 2010 di Masjid Panglima Besar Jend. Soedirman, Cijantung, bisa dikatakan cukup sukses.

Terbukti dengan performa acara ini rating / sharesebesar 1,3 / 10,4. Sehingga bisa dikatakan bahwa acara ini diminati oleh kurang lebih 10 persen pemirsa yang menyaksikan acara ‘Indonesia Menghafal’ pada jam tersebut.
Tim ‘Indonesia Menghafal’ juga akan berkeliling ke masjid-masjid lainnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Adapun lokasi yang akan dituju antara lain adalah Masjid Baitussalam Pondok Kelapa, Masjid Raya Kelapa Gading, Masjid Raya Pondok Indah, dll.

Sumber:

No comments:

Post a Comment